
1.
Berikan titik
Kelemahan dari Kode Etik Profesi
Kode etik profesi juga memiliki
beberapa kelemahan diantaranya:
·
Idealisme yang terkandung dalam kode
etik profesi tidak sejalan dengan fakta yang terjadi di sekitar para
profesional, sehingga harapan terkadang sangat jauh dari kenyataan.
· Memungkinkan para profesional untuk
berpaling kepada kenyataan dan mengabaikan idealisme kode etik profesi. Kode
etik profesi bisa menjadi pajangan tulisan berbingkai.
·
Kode etik profesi merupakan himpunan
norma moral yang tidak dilengkapi dengan sanksi keras karena keberlakuannya
semata-mata berdasarkan kesadaran profesional.
· Memberi peluang kepada profesional
yang untuk berbuat menyimpang dari kode etik profesinya.
2.
Jelaskan beserta
contohnya perbedaan antara profesional dengan pekerja biasa (occupation).
Profesi
Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer, dan teknik.
Profesi merupakan jenis pekerjaan tetap dan penuh. Artinya profesi merupakan pekerjaan yang layanannya diperlukan oleh masyarakat untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi atau memenuhi kebutuhan mereka secara terus menerus. Tanpa layanan tersebut anggota masyarakat akan terganggu kehidupannya. Misalnya, tanpa profesi kepolisian,jaksa dan hakim ketentraman dan keadilan kehidupan masyarakat akan terganggu. Atau tanpa profesi kedokteran dan paramedis anggota masyarakat akan terancam hidupnya.
Profesi
Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer, dan teknik.
Profesi merupakan jenis pekerjaan tetap dan penuh. Artinya profesi merupakan pekerjaan yang layanannya diperlukan oleh masyarakat untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi atau memenuhi kebutuhan mereka secara terus menerus. Tanpa layanan tersebut anggota masyarakat akan terganggu kehidupannya. Misalnya, tanpa profesi kepolisian,jaksa dan hakim ketentraman dan keadilan kehidupan masyarakat akan terganggu. Atau tanpa profesi kedokteran dan paramedis anggota masyarakat akan terancam hidupnya.
Pekerjaan
Pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang tidak bergantung pada keahlian tertentu. Setiap orang dimungkinkan memiliki pekerjaan namun tidak semuanya tertumpu pada satu profesi. Pekerjaan dalam arti luas adalah aktivitas utama yang dilakukan oleh manusia. Dalam arti sempit, istilah pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan uang.
Pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang tidak bergantung pada keahlian tertentu. Setiap orang dimungkinkan memiliki pekerjaan namun tidak semuanya tertumpu pada satu profesi. Pekerjaan dalam arti luas adalah aktivitas utama yang dilakukan oleh manusia. Dalam arti sempit, istilah pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan uang.
Contoh pekerjaan sebagai staf operator computer (sekedar
mengoperasikan), tidak masuk dalam golongan profesi jika untuk bekerja sebagai
staf operator tersebut tersebut tidak membutuhkan latar belakang pendidikan,
pengetahuan dan pengalaman tertentu.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Profesi merupakan bagian dari pekerjaan, tetapi tidak semua pekerjaan adalah profesi.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Profesi merupakan bagian dari pekerjaan, tetapi tidak semua pekerjaan adalah profesi.
3.
Coba jelaskan
tugas utama dan tanggung jawab dari pekerjaan :
a. Sistem Analis
a. Sistem Analis
Sistem analis adalah orang yang menganalisis sistem dengan
mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan
pemakai serta mengidentifikasikan pemecahan yang beralasan (lebih memahami aspek-aspek
bisnis dan teknologi komputer).
Tugas dan tanggung jawab :
• Meneliti Kebutuhan manajemen, mengenai penggunaan
peralatan pengolahan data yang terintegrasi dan proses.
• Investigasi, merencanakan, meralisasikan, menguji dan
debugs sistem perangkat lunak.
• Merencanakan, mengkoordinir, dan menjadwalkan investigasi, studi kelayakan dan survei, termasuk evaluasi ekonomi dari pengolahan data dan mesin aplikasi otomatis yang ada dan meng usulkan .
• Merencanakan, mengkoordinir, dan menjadwalkan investigasi, studi kelayakan dan survei, termasuk evaluasi ekonomi dari pengolahan data dan mesin aplikasi otomatis yang ada dan meng usulkan .
• Mengambil bagian didalam perencanaan anggaran pembelian
perangkat keras dan lunak dan monitoring untuk pemeliharaan perangkat keras dan
lunak
• Menyediakan pelatihan dan instruksi ke para pemakai dan
karyawan lain dan menyediakan prosedur untuk pekerjaan sehari-hari.
b. Project Manager
Project Manager merupakan seseorang yang mempunyai
keseluruhan tanggung jawab untuk pelaksanaan dan perencanaan dan mensukseskan
segala proyek. Sebutan Project Manager ini digunakan dalam industri konstruksi,
arsitektur dan banyak jabatan berbeda yang didasarkan pada produksi dari suatu
produk atau jasa. Manager proyek harus memiliki suatu kombinasi ketrampilan
yang mencakup suatu kemampuan untuk menembus suatu pertanyaan, mendeteksi
asumsi, tidak dinyatakan dan tekad konflik hubungan antar pribadi seperti
halnya ketrampilan manajemen yang lebih sistematis
c. Programmer
Programmer adalah orang yang menulis kode program untuk
suatu aplikasi tertentu berdasarkan rancangan yang dibuat oleh system
analis(lebih memahami teknologi komputer).
Tugas dan tanggung jawab :
Tugas dan tanggung jawab :
• Tanggungjawab pemrogram terbatas pada pembuatan program
komputer.
• Pengetahuan programer cukup terbatas pada teknologi
komputer, system komputer, utilitas dan bahasa-bahasa program yang diperlukan.
• Pekerjaan programer sifatnya teknis dan harus tepat dalam
pembuatan instruksi-instruksi program.
• Pekerjaan programer tidak menyangkut hubungan dengan
banyak orang,terbatas pada sesama pemrogram dan analis sistem yang
mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) program.
d. Staff EDP
Tugas:
• Memelihara ketersediaan dan update informasi melalui optimalisasi Management Information System (MIS) serta mengembangkan dan mengoptimalkan platform Information System.
• Memelihara ketersediaan dan update informasi melalui optimalisasi Management Information System (MIS) serta mengembangkan dan mengoptimalkan platform Information System.
• Melaksanakan fungsi administrasi berupa pencatatan,
penyimpanan dan pemeliharaan dokumen pisik dan digital serta memonitor data.
Tanggung Jawab:
Tanggung Jawab:
• Menyampaikan informasi dan laporan yang baik serta tepat
waktu untuk kebutuhan internal maupun kebutuhan eksternal Unit kerja yang
bersifat rutin dan insidentil.
• Mengembangkan, Memonitor dan memastikan Proyek-proyek IT
Strategis telah sejalan dengan bisnis organisasi.
• Menyiapkan data dan informasi terkait dengan (customer)
kelolaan, serta menyampaikan informasi tersebut secara berkala kepada unit
kerja yang terkait.
• Melaksanakan penyimpanan, pemeliharaan dan pengamanan folder
sesuai dengan kategori masing-masing dokumen, yaitu Folder File, Folder Dokumen
Legal dan Folder Laporan Aktivitas.
• Mengawasi distribusi laporan monitoring kepada unit
pengelola agar segera mendapat tindak lanjut.
• Melakukan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan
e. Instruktur IT
Instruktur IT adalah seorang yang memiliki kopetensi dan
tanggung jawab proses belajar mengajar atau melatih dibidang Teknologi
Informasi. Instruktur IT harus memiliki kombinasi kemampuan menguasai
pengetahuan tentang software dan hardware yang menjadi tanggung jawabnya.
4. Jelaskan istilah
a) Lamer
Tahapan yang dilalui oleh mereka yang menjadi hacker.
Seseorang pada tingkatan ini masih dibingungkan oleh seluk beluk hacking karena
ia berpikir bahwa melakukan hacking sama seperti cara-cara warez (dalam dunia
underground berarti menggandakan perangkat lunak secara ilegal). Pengetahuannya
tentang hal-hal seperti itu masih minim, tapi sudah mencoba belajar. Seseorang
pada tingkatan ini sudah bisa mengirimkan trojan (yang dibuat orang lain) ke
atau pada komputer orang lain ketika melakukan obrolan pada IRC atau ICQ dan
menghapus file-file mereka. Padahal ia sendiri tidak tahu persis bagaimana
trojan bekerja. Seseorang yang sukses menjadi hacker biasanya bisa melalui
tahapan ini dengan cepat bahkan melompatinya.
b) Cramer ??????
c) Denial Of Service Attack
Disingkat dengan DoS. Adalah serangan (attack) yang
diluncurkan untuk meniadakan servis (serangan terhadap availability). Serangan
DoS dilakukan dengan menghabiskan resources dari target, seperti menghabiskan
bandwidth (dengan membanjiri jaringan dengan beberapa paket yang banyak dan
tidak karuan), memori (membuat server bingung), dan disk.
Serangan DoS ini dapat dilakukan secara serempak dari
beberapa komputer yang tersebar sehingga disebut Distributed DoS (DDoS).
Serangan ini cukup ampuh dan sempat membuat down beberapa web site yang
terkenal seperti Yahoo.com, ebay, CNN, dan lain-lainnya. Software yang
digunakan untuk menyerang diduga adalah trinoo, tfn (tribal flood network).
d) Copy Right
copyright merupakan hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak
Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi
tertentu. Pada dasarnya, hak cipta merupakan "hak untuk menyalin suatu
ciptaan". Hak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk
membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan. Pada umumnya pula, hak
cipta memiliki masa berlaku tertentu yang terbatas.
e) Trademark
Trademark (atau dalam Bahasa Indonesianya merek dagang)
memiliki pengertian :
Merek atau merek dagang adalah tanda pembeda yang digunakan suatu badan usaha sebagai penanda identitasnya dan produk barang atau jasa yang dihasilkannya kepada konsumen, dan untuk membedakan usaha tersebut maupun barang atau jasa yang dihasilkannya dari badan usaha lain. Merek merupakan kekayaan industri, yaitu termasuk kekayaan intelektual.
Merek atau merek dagang adalah tanda pembeda yang digunakan suatu badan usaha sebagai penanda identitasnya dan produk barang atau jasa yang dihasilkannya kepada konsumen, dan untuk membedakan usaha tersebut maupun barang atau jasa yang dihasilkannya dari badan usaha lain. Merek merupakan kekayaan industri, yaitu termasuk kekayaan intelektual.
f) Defamation
merupakan kata lain dari pencemaran nama baik dan secara
harfiah dapat diartikan sebagai sebuah tindakan yang merugikan nama baik dan
kehormatan seseorang
g) Hate Speech
Hate Speech merupakan istilah kontroversial untuk pidato
dimaksudkan untuk menurunkan, mengintimidasi, menghasut atau kekerasan atau
tindakan merugikan terhadap seseorang berdasarkan ras, etnis, asal-usul
kebangsaan, agama, orientasi seksual, atau cacat. Istilah ini mencakup tertulis
maupun komunikasi lisan. Hate Speech adalah, di luar hukum, semua komunikasi
yang meremehkan seseorang atau kelompok berdasarkan beberapa karakteristik seperti
ras, gender, etnis, kebangsaan, agama, orientasi seksual, atau karakteristik
lain.
h) VoIP
VoIP adalah teknologi yang memanfaatkan Internet Protocol
untuk menyediakan komunikasi suara secara elektronis dan real-time. VoIP mulai
dikenal di Indonesia semenjak tahun 2000 dimana saat itu sedang marak-maraknya
teknologi internet. Saat itu dikenal dengan fasilitas telepon gratis via
internet dengan pengguna internet lainnya. Voice over Internet Protocol (VoIP)
melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan
IP. Jaringan IP adalah jaringan komunikasi data yang berbasis packet switch.
Trafik VoIP dibagi menjadi dua bagian transmisi jaringan yaitu transmisi untuk
signaling dan untuk RTP (Realtime Transfer Protocol).
i) ADSL
Asymmetric Digital Subscriber Line disingkat ADSL adalah
salah satu bentuk Digital Subscriber Line, suatu teknologi komunikasi data yang
memungkinkan transmisi data yang lebih cepat melalui kabel tembaga telepon
biasa dibandingkan dengan modem konvensional yang ada.
j) Teknik Informatika
Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk
pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan
teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan
fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi
komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk
mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan
memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih berpikir secara
logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan
pekerjaan apapun.
5. Berikan beberapa factor utama meningkatnya pelanggaran
kode etik profesi IT
Faktor utama meningkatnya Pelanggaran Kode Etik Profesi IT adalah makin merebaknya penggunaan Internet. Jaringan luas komputer tanpa disadari para pemiliknya disewakan kepada spammer (penyebar e-mail komersial), fraudster (pencipta situs tipuan), dan penyabot digital. Terminal – terminal jaringan telah terinfeksi virus komputer, yang mengubah komputer menjadi “zombi”. Faktor penyebab Pelanggaran kode etik profesi TI dikerenakan tidak berjalannya kontrol dan pengawasan dari masyarakat. Organisasi profesi tidak dilengkapi dengan sarana dan mekanisme bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan. Rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai substansi kode etik profesi, karena buruknya upaya sosialisasi dari pihak profesi sendiri. Belum terbentuknya kultur dan kesadaran dari para pengemban profesi TI untuk menjaga martabat luhur profesinya. Tidak adanya kesadaran etis dan moralitas di antara para pengemban profesi TI
Faktor utama meningkatnya Pelanggaran Kode Etik Profesi IT adalah makin merebaknya penggunaan Internet. Jaringan luas komputer tanpa disadari para pemiliknya disewakan kepada spammer (penyebar e-mail komersial), fraudster (pencipta situs tipuan), dan penyabot digital. Terminal – terminal jaringan telah terinfeksi virus komputer, yang mengubah komputer menjadi “zombi”. Faktor penyebab Pelanggaran kode etik profesi TI dikerenakan tidak berjalannya kontrol dan pengawasan dari masyarakat. Organisasi profesi tidak dilengkapi dengan sarana dan mekanisme bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan. Rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai substansi kode etik profesi, karena buruknya upaya sosialisasi dari pihak profesi sendiri. Belum terbentuknya kultur dan kesadaran dari para pengemban profesi TI untuk menjaga martabat luhur profesinya. Tidak adanya kesadaran etis dan moralitas di antara para pengemban profesi TI
6. Jelaskan beserta contohnya Etika Berkomunikasi pada IT.
Etika berkomunikasi pada IT, misalkan dalam sebuah forum
atau milis:
• Jangan gunakan huruf kapital
Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan
suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi,
marah atau berteriak. Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan
untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan
maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh
kalimat/paragraf.
• Kutip seperlunya
Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan
seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja
yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang
tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa
membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses
ke forum menjadi terganggu.
• Perlakuan terhadap pesan pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda
secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya
kembali ke dalam forum umum.
• Hati-hati terhadap informasi/ berita hoax
• Hati-hati terhadap informasi/ berita hoax
Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar
adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para
kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu
bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka
anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan
orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.
• Hindari personal attack
• Hindari personal attack
Ketika kita tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan
sekali-kali Anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk
melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal
pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta saja, sedikit
langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali
menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata sekalipun ia adalah orang
yang Anda benci. Budayakan sikap Diskusi yang sehat, bukan debat kusir.
• Kritik dan saran yang bersifat pribadi harus lewat PM
Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan
membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat
konstruktif, bukan destruktif. Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk
anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem
forum, Anda boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per
orang tertentu.
• Dilarang menghina agama, ras, gender, status sosial, dsb
yang berpotensi
menimbulkan debat kusir yang mengarah ke situasi yang
emosional.
• Cara bertanya yang baik:
a. Gunakan bahasa yang sopan.
b. Jangan asumsikan bahwa kita berhak mendapatkan jawaban.
c. Memberikan judul yang sesuai dan deskriptif.
d. Menulis pertanyaan dengan bahasa yang baik dan mudah
dimengerti.
e. Membuat kesimpulan setelah permasalahan kita terjawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar